Soal latihan USBN Bahasa Indonesia 4 2019

793

Selalmat datang di  Soal latihan USBN BI 4

Nama
Nama Sekolah
Kelas
1. Bacalah kalimat berikut!

Lahan itu sangat subur karena tanahnya banyak mengandung humus.

Makna kata bergaris bawah tersebut adalah ....
2. Bacalah kalimat berikut!

Roni gemar membaca buku fiksi di beranda rumahnya.

Antonim kata fiksi adalah ....
3. Bacalah !
(1) Salah satu faktor penghambat jumlah pemakai internet di komunitas sekolah dan kampus adalah infrastruktur (perangkat dan jaringan) dan tarif yang dirasakan masih cukup tinggi. (2) Dana untuk pengadaan infrastruktur dan berlangganan terkadang tidak dapat ditanggulangi sekolah, termasuk orang tua murid, sehingga perlu ada intensif khusus dari Telkom. (3) Program khusus akses komunitas sekolah diberi nama TelkomNet Sekolah. (4) Internet sebagai media penyebaran informasi global dirasakan manfaatnya sejak pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakaian normal akses TelkonNet Instan.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
4. Perhatikan pantun berikut!

Buah duku jatuh ke semak,
semak dibuka duku di mana.
Apa guna berilmu banyak,
tidak sembahyang tiada berguna

Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah ....
5. Bacalah teks berikut!

(1) Telinga adalah organ indera pendengar. (2) Setiap orang memilikinya dan dibekali oleh sang pencipta sejak lahir. (3) Selain berfungsi untuk mendengar, telinga merupakan alat keseimbangan tubuh. (4) Telinga tidak berguna bagi manusia. (5) Dengan telinga kita juga tidak bisa mememperoleh ilmu pengetahuan karena telinga menyerap ilmu yang diberikan guru kemudian memprosesnya ke otak. (6) Dengan telinga kita bisa mendengarkan apa yang dibicarakan orang lain.

Kalimat yang tidak perlu pada teks tersebut adalah ....
6. Perhatikan topik percakapan berikut!

Topik percakapan wawancara tersebut adalah ....
7. Pernyataan sesuai iklan.
Perhatikan iklan berikut!
1) Belajar lebih aktraktif  lebih menyenangkan.
2) Telah hadir VCD pembelajaran.
3) Harga sesuai kualitas.
4) Tersedia di PT Sinar Terang telephon 021-464646
Kalimat yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ....
8. Bacalah paragraf di bawah ini!
Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. Pemilik ladang cukup menyediakan bahan dan peralatan menanam padi serta konsumsi. Bekerja dengan bergotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi. Tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga.
Ide pokok paragraf di atas adalah ....
9. Perhatikan paragraf berikut!
Hari Kamis kemarin siswa SDN 2 Sinanggul melakukan kunjungan ke Toko Pertanian "Konco Tani", Kunjungan dimulai dari pukul 08.30 WIB. Toko Konco Tani sangat besar dan terletak di sebelah utara Pasar Ratu. Karyawannya sangat ramah dan selalu menghargai para pembeli. Konco Tani menjual bibit, pupuk, dan benih tanaman. Selain itu, juga menjual alat-alat modern pertanian, seperti traktor dan alat penyemprot.
Jenis paragraf tersebut adalah ....
10. Perhatikan kutipan di atas!
Irma terpilih menjadi wakil seluruh murid kelas VI untuk berpidato di acara perpisahan sekolah. Sejak beberapa minggu sebelum acara, Irma berlatih keras. Tibalah waktunya Irma berpidato di acara tersebut. Karena sudah berlatih, Irma berpidato dengan sangat baik. 
Sikap yang seharusnya kita tunjukkan atas penampilan Irma adalah ....
11. Bacalah teks berikut!
            Hari ini siswa telah  menerima pelajaran tentang menulis cerita pendek. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerpen dengan benar. Anisa ingin mencoba mengaplikasikan apa yang dipealajarinya. Awalnya, Anisa menentukan tema yang akan ditulis.  Kemudian ia menentukan latar yang akan dimasukkan. Misalnya pagi, siang, atau sore. Tempatpun juga diperhatikan sebelum menulis cerita.
            Selain itu, suasana yang akan dibangun juga harus diperhatikan. Selain itu, Anisa juga menentukan alur cerita yang dibangunnya. Menentukan tokoh dan watak juga tidak lupa ia lakukan. Setelah semua dia tentukan, mulailah Anisa menulis cerita.
Makna kata mengaplikasikan pada paragraf tersebut adalah ....
12. Perhatikan kutipan cerita berikut!

Dwi bangun sangat pagi untuk membuat pisang goreng. Ia tak lupa untuk melaksanakan solat subuh. Sejak kecil ia sudah diajari ibunya untuk mandiri dan berbakti kepada orang tua. Dwi adalah anak yang ringan tangan, segala pekerjaan rumah dilakukannya tanpa pernah mengeluh.

Maksud kalimat bercetak miring dalam cerita tersebut adalah ....
13. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!


Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ....
14. Bacalah percakapan berikut dan tentukan topik percakapannya!



Topik percakapan di atas adalah ....
15. Perhtaikan gambar berikut!


Deskripsi tepat gambar tersebut adalah ....
16. Perhatikan puisi berikut!

Sepuluh Nopember 
Saat itu
Api yang membakar dadamu
Mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat 
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
Semangat yang benar
Semangat itu bergemuruh di dada
Di hati para pemuda

Makna kata yang bergaris bawah dalam puisi di atas adalah ....
17. Bacalah teks berikut!

Para penghuni rimab merasa kurang senang. Kengakuhan Si Merak semakin menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu. "Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata Merak berulang kali, tanpa bosan-bosan. Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada Merak. "Ah, aku ada akal untuk menyadarkan Si Merak." pikir kancil suatu hari. Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu Merak kembali pamer kepada teman-temannya. Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.

Simpulan isi teks cerita tersebut adalah ....
18. Cermatilah kalimat berikut!

Kerasnya upaya kami menjuangkan nasib para buruh akhirnya  sedikit membuahkan hasil yang signifikan.

Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat di atas adalah ....
19. Bacalah!

       "A Ling sudah pigi Jakarta ... Nati dia terbang naik pesawat pukul 09.00. Ia harus menemani bibinya yang sekarang hidup sendiri, ia juga bisa mendapat sekolah yang bagus di sana ... " 
        Aku tertegun putus asa. Rasanya tak percaya dengan apa yang kudengar. Terjawab sudah firasatku ketika Bodenga mengunjungiku. "Kalau ada nasib, lain hari kalian bisa bertemu lagi." A Miauw menepuk-nepuk pundakku. Aku terdiam dan menunduk seperti orang sedang mengheningkan cipta. Tanganku mencengkeram kuat ikatan bunga-bunga liar dan selembar puisi. "Ia titip salam buatmu dan ia ingin kamu menyimpan ini ...."

Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
20. Bacalah teks berikut!

Ayah, Ibu, dan aku pun kembali bersiap-siap. Memilih beberapa barang penting untuk dibawa ke tempat penngungsian yang biasanya sudah disediakan pada musim banjir seperti ini. Kamipun akhirnya meninggalkan rumah kami yang semakin lama terus semakin tinggi air yang masuk ke dalamnya. Sesampainya di pengungsian, ternyat sudah banyak keluarga lain yang juga memutuskan meninggalkan rumahnya karena banjir kali ini seoertinya akan lebih parah ketinggian airnya dibandingkan sebelumnya. Selama di pengungsian hujanpun tidak kunjung berhenti. Aku pun diminta meliburkan diri dari sekolah oleh Ayah dan Ibu karena sebagian buku dan pakaian seragam tidak ada yang kami bawa kepengungsian. Tidak ada yang menyangka hujan deras terus mengguyur daerah rumah kami. hingga 3 hari setelahnya. Aku selalu berdoa kepada Tuhan agar hujan deras segera berhennti.

Nilai agama terkandung dalam teks tersebut adalah ....
21. Bacalah teks berikut!
Katak dan Monyet menanam pohon pisang secara bersamaan, dan yang berbuah hanya pohon pisang monyet. Katak dibohongi oleh Monyet. Monyet pun mengambil pisang Katak. Saat dengan lahapnya Monyet memakan buah pisang Katak. Batang pisang mulai bergoyang hampir roboh. Monyet tiba-tiba memegang perutnya karena kekenyangan. Kepalanya mulai terasa pusing, tiba-tiba"Kraaak ....!" Terdengar suara batang pisang tumbang menimpa semak-semak. Monyet terlempar ke rantingn-ranting kering.

Tema cerita tersebut adalah ....
22. Bacalah teks berikut berikut dengan cermat!

" ... tadi malam suhu badan adik meninggi, padahal ibu sudah memberinya obat penurun panas. Ayah menjadi khawatir, dan segara membawa adaik ke rumah sakit. Syukurlah keputusan Ayah tepat. Dokter mendiaknosis, adik terserang demam berdarah dan harus mendapat perawatan intensif, karena trombositnya menurun dengan dratis."

Prediksi yang tepat bila adik tidak segera di bawa ke rumah sakit adalah ....
23. Bacalah!

           Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Muarai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja. 
            Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamerkan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memamerkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
            Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya tidak merdu. Badannyapun  tidak gagah. Lalu, Burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu Burung Gereja menghibur anaknya.
           Suatu hari, Burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya, tetapi tidak ada satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
         
Watak tokoh Burung Murai Batu dalam cerita tersebut adalah ....
24. Cermatilah!

Tubuh yang sehat dapat diperoleh dari berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi dan ...., lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkunan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkunagn yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
25. Bacalah paragraf berikut!
Diana banyak teman. Dia supel dan suka membantu. Dengan senang hati dia membantu teman yang membutuhkan. Bahkkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain. Diana adalah anak ....
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
26. Cermatilah paragraf di bawah!

Sial benar nasib Parman. Satu tahun lalu ia bekerja pada seseorang yang membuka usaha percetakan. Di tempat kerjanya itu ia mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi. Bekerja sepanjang hari tannpa uang makan kadang masih dicaci. Sekarang ia bekerja di sebuah perusahaan tekstil. Perlakuan serupa ia alami. Bahkan di tempat kerjanya yang baru, pimpinan perusahaannya memperlakukan dirinya tidak lebih dari seorang budak. Parman kadang meratapi dirinya yang selalu bernasib sial.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
27. Perhatikan teks berikut!
1) Biarkan parutan kentang di wajah selama kurang lebih 90 menit
2) Parutlah kentang yang sduah dicuci tersebut.
3) Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur.
4) Sediakan 2 buah kentang yang besar, lalu cuci sampai bersih..
5) Setelah mengering, basuhlah dengan air biasa sampai bersih.
6) Tempelkan parutan kentang merata keseluruh wajah.

Susunan yang tepat petunjuk mehilangkan bekas jerawat adalah ....
28. Bacalah kutipan pidato berikut!

          Sekolah ini layak menjadi teladan dan tempat bertanya tentang suksesnya mewujudkan kebersihan dan keindahan. Semua ini terwujud karena hasil binaan para guru, tokoh agama, tokoh masyarakat di lingkungan sekolah kita ini.
           Predikat juara, piagam penghargaan, dan hadiah sudah kita raih. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kerja sama dan kekompakan mewujudkan sekolah bersih, berseri, hijau, aman, nyaman, dan menyenangkan ini, kita pertahankan.

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ....
29. Perhatikan gambar berikut!

Kata tepat untuk melengkapi kalimat iklan tersebut adalah ....
30. Bacalah teks berikut!

Sirkuit ini diberi nama sirkuit BCR. Kehadiran sirkuit ini diharapkan mampu membina mental generasi muda. Kabupaten kini memiliki sirkuit motorcross di Bukit Batuak. Sirkuit yang diresmikan pada Sabtu (24/9) ini memiliki panjang 1.00 meter ....

Kalimat yang tepat guna untuk melengkapi pidato tersebut adalah ....
31. Perhatikan kalimat berikut!

Lima siswa lulusan terbaik langsung mengerjakan di perusahaan besar.

Perbaikan penggunaan kata bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah ....
32. Perhatikan teks undangan berikut!

Yth.Bapak/Ibu Wali Murid
Mengaharap kehdairan Bapak/Ibu Wali Murid pada :
Hari, tanggal       : Selasa, 7 April 2015
Waktu                     : 08.WIB selesai
Acara                      : ....
Demikian undangan kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kata bergaris bawah kurang tepat, seharusnya ....
33. Perhatikan kalimat berikut!

Bacalah petunjuk berikut ini!
1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.
2) Buka tutup bagian belakang.
3) Tekan tombol dengan baik.
4) Masukkan baterai dengan  kepala ke arah depan semuanya.

Urutan penggunaan lampu senter secara tepat adalah ....
34. Penulisan kata bilangan yang sesuai dengan EYD terdapat pada kalimat ....
35. Perhatikan kalimat berikut!

Didi bukan anak saya melainkan anak Pak Kasim.

Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
36. Perhatikan paragraf berikut!
Semalam Desa Puloharjo kebanjiran. Luapan air menenggelamkan seluruh pemukiman padat penduduk. Seluruh penduduk mengungsi dan membuat penampungan sementara di desa tetangga yang letaknya lebih tinggi. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, tetapi harta benda di dalamnya. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan kalimat bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....
37. Perhatikan teks berikut!
Pertandingan persija dan persib berakhir Seri. Hal itu membuat pada pendukungnya Kecewa. Para pendukung menginginkan idolanya menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut.
Penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut yang tepat terdapat pada ....
38. Perhatikan paragraf berikut!
Berbagai perkembangan yang terjadi di bidang teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir, hendaknya ... bukan dengan sikap cemas. Akan tetapi, justru harus dilihat dari sisi positifnya sambil menyiasati berbagai kemungkinan untuk memetik keuntungan dari perkembangan masyarakat.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
39. Penggunaan tanda baca yang tepat.

Di mana alamat rumah nenek

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
40. Kalimat berikut yang ditulis dengan ejaan yang benar adalah ....

Comments